Cleansing Your Face


Hello everyone! Bagaimana cara kalian membersihkan wajah? Pake milk cleanser? Cleansing balm? Micellar water? Facial foam? Creamy foam? Oil cleanser? Atau abu gosok? Banyak banget jenis jenis face cleanser yang beredar dipasaran(abu gosok tidak termasuk),tapi hari ini saya ga bahas semuanya(apa lagi ngebahas abu gosok),Cuma yang saya pake sekarang aja,kenapa? Karna inikan blog gue,suka suka gue,terserah gue :v
Sebenarnya buat daily saya ga pake makeup yang heavy macem pke foundy,two way cake dll,berasa berat dan gapantes aja buat kulit anak SMA. Makeup yang saya pake hanya berupa tinted sunscreen,liptint/tinted lipbalm ama compact powder. Sudah dibahas > Disini
 Soal sunscreen,saya merupakan pencinta physical sunscreen dimana titanium dioxide ama zinc oxide berperan sebagai sun protect agent-nya dan Acnes UV Tint termasuk kedalam ‘sunscreen yang gue cintai’. TiO2(titanium dioxide) dan ZnO(zinc oxide) merupakan dua physical sunscreen yang cara kerjanya memantulkan sinar UV A dan UV B sekaligus dengan broad spectrum yang panjang terutama ZnO(kyaa cinta bngt sma ZnO) ,ga seperti  Chemical sunscreen macam avobenzone,PABA dkk yang cara kerjanya menyerap sinar UV A saja atau UV B saja.

 Saya lupa dapet sumber dimana dan belajar dari siapa,kalo titanium dioxide di kosmetik harus dicampur dengan silica serta turunan silicon lainnya macem dimethicone dkk karena jika dalam bentuk serbuk doang dapat berpotensi menjadi pencetus kankeeer(carcinogenic bhasa kerennya). Kalo ga percaya liat aja list ingredients sunscreen/BB Cream berSPF dan PA kalian.
 Karna turunan silicone seperti dimethicone,cyclomethicone serta cone-cone yang lain -talc pd bedak juga- termasuk  comedogenic(penyebab munculnya komedo) dan clog-pores,maka untuk penggunaan sunscreen apalagi yang waterproof dan SPF nya gede membersihkannya harus benar-benar bersih kalo gamau wajah kalian berjerawat dan berkomedo. Dan saya bener bener gapercaya sama kosmetik ber-sun protect- gede(sunscreen,foundie,bb cream or somethinglikethat) melebeli product mereka non-comedogenic,are you fuckin* kidding meh?.  hayoloohh siapa yang pake sunscreen spf gede tapi bersihin wajah cuper(cuman pakek aer)? Siap siap berjerawat loh.
Tiap hari saya menerapkan metode ‘Double Cleansing’ karna kalo cuman pake facial foam aja gacukup ngebersihin sisa sunscreen.
·       Diawali dengan menuangkan hand sanitizer ke tangan dengan alasan males cuci tangan pake hand wash yg bikin tangan kering keruk keriput.
·       Dilanjuti dengan menuangkan cleanser water ke kapas,saya pake Pixy Cleansing Express yang kinerjanya sebelasduabelas dengan micellar water Bioderma yang mahal itu,dan saya menemukan persamaan ingredients teratas dari dua produk tsb => water dan PEG-6 Caprylic/Capric Glycerides(Surfaktan,rendah iritasi,larut minyak dan air)

 Ini buat saya berpikir kalau pixy dan bioderma adalah dua produk dngn fungsi dan kinerja yg sama namun harga yang jauh berbeda. haha
·       Gosok kapas tdi dengan arah memutar diseluruh wajah,kapas yang tdinya putih berubah menjadi coklat yang berarti kotoran diwajah sudah diangkat oleh kapas.

·       Menurut spesifikasi dikemasan pixy,setelah menggunakan cleansing express ini wajah gaperlu dicuci sama seperti bioderma juga. Tapi kok lengket lengket ya? Yaudin lanjut dengan cumuk pke face wash kesayangan Hada Labo Gokujyun Face Wash.
Setelahnya saya gapake cleansing toner/exfoliating toner/astrigent karna rata rata dipasaran pke alcohol yang bikin kering dan merasa gaperlu aja takut over,jadi setelah cumuk ane lanjut dengan Hydrating Toner yang fungsinya mengembalikan kelembaban kulit,kalo mau pke makeup ane pake Hada Labo Shirojyun Lotion dan kalo sebelum tidur untuk perawatan malam saya pake Seduhan teh chamomile makenya menggunakan kapas seperti metode-nya mbah Chizu Saeki yang melegenda didunia Per-beauty-an yang biasa disebut Chizu Saeki Methode(CSM) lotion pack,singkatnya itu adalah metode mengompres wajah mengunakan kapas yg sudah dibasahi oleh cairan yg memberi benefit untuk kulit(biasanya orng pke hydrating toner macem FTE SK II,atau lotion cair macem hada labo),singkatnya lagi itu adalah metode yg sebelasduabelas dngn sheet mask. Haha
Ada tips lagi buat pengguna makeup ber-silicon atau yg comedogenic ,entah itu sunscreen,foundie,bb cream bahkan loose powder,harus rajin scrubbing seenggaknya 2x seminggu untuk menghindari penumpukan kulit mati(atau bahkan sisa makeup) yang berpotensi menyumbat pori lalu berujung dengan timbulnya jerawat,whitehead dan blackhead. Kapan kapan saya post DIY scrubnya,muehehehe.

Jangan lupa bersihin wajahmu y!

Komentar

Postingan Populer